DIY Pot Gantung dari Botol Bekas




DIY Pot Gantung dari Botol Bekas 

Siapa sangka hanya Botol bekas, Kamu dapat membuat sesuatu yang dapat di manfaatkan sebagai Pot gantung Tanaman. 

Awalnya Saya tidak terlalu tertarik mengolah Botol mineral bekas menjadi sebuah Pot Tanaman. Meskipun sering melihat kreasi Botol bekas terposting pada Media sosial, Blog ataupun Website.

Sampai suatu ketika memiliki si Kribo, Tanaman berdaun hijau ungu yang tumbuh subur di halaman rumah. Terpikir untuk membuat Kribo menggantung pada sebuah dinding. Daun-nya yang kriwel sepertinya lucu jika di tanaman pada Pot yang menggantung ditembok.

Singkat cerita akhirnya pilihan Saya tertuju pada sebuah Botol air mineral bekas. Kebetulan saat itu ada 3 botol air mineral ukuran 2 ltr dengan kemasan yang terlihat cukup menarik. Dua di antaranya telah kosong. Percobaan pertama, Saya membuat 2 botol terlebih dahulu. Baru beberapa hari kemudian Saya menambahkan kembali dengan botol yang ke-3. 

Ternyata hasilnya tak kalah cantik. Dan yang pasti tidak akan terlihat pasaran bukan?


Bahan & peralatan yang di perlukan 

1. Botol air mineral ukuran 1,5ltr/2ltr = 3 btl
2. Kawat secukupnya = -/+ 180 cm potong menjadi 6 bagian @15 cm (untuk sisi      kiri & kanan)
3. Pisau Cutter
4. Tang
5. Spidol


Cara Membuatnya 

DIY Pot Gantung dari Botol Bekas langkah 1 dan 2

1. Buat garis pola dengan spidol pada bagian tengah botol membentuk persegi panjang. Potong pola tersebut dengan menggunakan curtter.

2. Buat lubang tembus dua sisi pada samping atas dan samping bawah botol untuk di gunakan sebagai pengait kawat antara satu botol dengan botol yang lain.

DIY Pot Gantung dari Botol Bekas langkah 3-5

3. Masukan kawat pada lubang yang telah di buat (langkah no.2), lalu bentuk melengkung pada ujung kawat dengan menggunakan tang. Tambahkan lubang kembali, sejajar dengan lubang (langkah no.2). Bentuk menjadi huruf U, sisakan sekitar 2 cm keluar pada ujung kawat. Buat menjadi 2 bagian, kiri dan kanan.

4. Buat beberapa lubang lagi pada bagian bawah sisi botol, berfungsi sebagai aliran pembuangan air.

5. Gantungkan bagian bawah sisi botol satu dengan botol lain yang telah di beri kawat (langkah no.3).

6. Beri tanah dan tanaman. Pot gantung siap di gunakan.



Powered by Blogger.