Nendang banget! Nasi Bebek Sinjay Bangkalan Madura


Nendang banget! Nasi Bebek Sinjay Bangkalan Madura 

Top markotop!!. Bagi para pencinta bebek, jangan lewatkan kuliner Nasi Bebek Sinjay khas bangkalan pulau madura.

Penampilan seporsi nasi bebek terlihat biasa dan sederhana sekali. Hanya terdiri dari nasi putih, bebek goreng berbalur bumbu, sambal mangga muda dan irisan mentimun serta sedikit lalapan daun kemangi. Namun siapa sangka, panganan yang satu ini sangat terkenal tak hanya di wilayah jawa timur saja. 

Barisan mobil mewah dengan plat nomor berbagai daerah tak segan-segan terlihat di kepulauan yang juga terkenal akan kekhas-an corak batiknya. Terlebih saat weekend, kendaraan roda dua terparkir saling berhimpit satu sama lain. Namun tidak perlu khawatir, karena rumah makan ini menyediakan area parkir yang cukup luas di bagian belakang.


area parkir belakang Bebek Sinjay Bangkalan Madura 
narsis di area parkir Bebek Sinjay Bangkalan Madura 

Sejenak saya mengamati rumah makan yang konon sangat terkenal dengan Nasi bebeknya. Meski sebagai lokasi pusat, tetapi tidak terlihat istimewa seperti layaknya resto ternama. Hanya terdapat meja kayu sangat panjang dengan kursi kayu yang tersebar di tengah dan sisi bagian belakang. Sedang saat memasuki ruang bagian depan, tampak meja dan kursi plastik tersusun berjejer. Fasilitas yang di sediakan juga terbilang sangat sederhana.

Warung beratap asbes bergelombang dengan bangunan terbuka yang cukup panas ini, sudah hampir di pastikan tidak akan sepi pengunjung. Lokasinya pun sangat strategis di tepi jalan. Tak heran jika pengunjung dengan antrian panjang cukup memukau. Bahkan mereka rela datang kembali menerobos 18,6 km bentang tol suramadu hanya untuk mencicipi seporsi nasi bebek sinjay.

google map

 Bebek Sinjay Bangkalan Madura 

 Bebek Sinjay Bangkalan Madura 

 Bebek Sinjay Bangkalan Madura 

Akhirnya sepiring nasi bebek berada di genggaman tangan. Maklum saja, untuk mendapatkannya saya harus antri terlebih dahulu. Tidak sabar rasanya untuk langsung mencicipi. Satu porsi nasi dan bebek ini terbilang sangat besar. Cukup sekali untuk mengganjal perut yang mulai susut karena padatnya antrian. Ukuran ayam pun terlihat besar, saya memilih paha, karena menurut saya daging bebek daerah paha sangat nikmat untuk di santap. 

1 porsi Bebek Sinjay Bangkalan Madura 

Satu persatu tangan ini menerobos perlahan demi memasukan panganan ini ke dalam mulut. Dan terus berulang kali tanpa berhenti dan tanpa bisa berkata apa-apa. Makyusssss!!!!, mengikuti gaya pak bondan, sang maestro kuliner. Bebek empuk berbaur bumbu ini sangat gurih dan cenderung asin bila di makan tanpa nasi.

Daging bebeknya pun kering, tidak amis dan tidak berminyak. Bersanding dengan nasi dan pedasnya sambal pecit atau sambal mangga muda menjadikan komposisi kenikmatan hakiki yang tidak dapat di pisahkan. Satu porsi nasi bebek di bangkalan madura akhir 2019 di bandrol dengan harga Rp. 28.000,- sudah termasuk minum. 

Jawa Timur memang sangat terkenal dengan kuliner berbagai nasi bebek, terutama daerah Madura, Surabaya dan sekitarnya. Bagi penikmat bebek sinjay, tidak perlu khawatir karena bebek sinjay ini sudah memiliki berbagai cabang di surabaya, sidoarjo dan malang. Semoga akan ada cabang-cabang berikutnya di berbagai lokasi sebagai salah satu panganan khas jawa timur.


Powered by Blogger.