Full width home advertisement

Info Menarik

Jajan Kuliner


Resep Oseng Cumi Telur Cabe Hijau

Sangat sulit sekali menemukan Cumi Telur yang sudah di asinkan.  Jejak Cumi Telur sudah saya telesuri di pedagang sayur mayur, pasar tradisional, pedagang keliling, termasuk beberapa supermarket terdekat. Sepertinya Cumi Telur tidak terlalu di gemari oleh sebagian besar penduduk di kabupaten Sidoarjo. Berbeda dengan Jakarta & sekitarnya, Cumi Telur banyak di jumpai pada pedagang Sayur dan pasar tradisional.  Mungkin saya yang terlalu malas mencari dan menelusuri jejak si cumi hingga perbatasan sidoarjo maupun surabaya. Membayangkannya saja saya sudah berkeringat. Bagaimana jika saya harus menelusuri wilayah sidoarjo dan surabaya.

Musim panas di kabupaten ini memang cukup mengganggu di siang hari. Berbeda sekali ketika malam hari, suasana surabaya, sidoarjo dan sekitarnya terlihat sangat asri dan sejuk. Banyak taman-taman kota dengan berbagai hiasan lampu serta keramaian kuliner malam di beberapa bagian sisi jalan raya. Terlebih berada di jantung kota surabaya. Banyak gedung-gedung bertingkat dengan gaya klasik yang masih di manfaatkan untuk perkantoran, resto ataupun rumah makan.  Maklum saja kota ini memiliki banyak nilai sejarah yang terkandung. Terlihat jelas akan bangunan tua bertekstur kolonial banyak mendominasi.

Hmmmm...saya jadi menemukan Jejak yang sama antara sejarah bangunan tua dan Cumi Telur. Mereka sama-sama harus ditelusuri terlebih dahulu keberadaannya. Seketika penyakit malas saya muncul dan membiarkan si Cumi hilang kembali tanpa jejak.  

Pepatah Rezeki dan Jodoh itu tidak akan lari kemana, patut untuk di percayai. Jika memang sudah waktunya untuk memperoleh, InsyaAllah semua jalan akan di permudah. Seperti halnya jejak si Cumi ini. Setelah absen mencari, Jejak si Cumi muncul melalui deringan suara telepon. " Yan...!!,ini Ibu,,,, Ibu bawain Cumi Asin yaa, udah Ibu titipin sama Bapak".  "Bapak udah sampe belum??"Weww... "Tak akan lari gunung di kejar"... rupanya selama ini si Cumi sedang bersama Ibu saya di Tangsel.






Bahan-bahan :
Cumi telur (asin) = 6 pcs / secukupnya (rendam dalam air sebentar, potong kecil dan buang tulang transparan yang berbentuk plastik dalam tubuh cumi)



Bumbu Oseng :
Cabe Hijau = 6 pcs  ( di iris/ rajang)
Cabe rawit = 6 pcs  ( di iris/ rajang)
Bawang merah = 7 siung  (iris halus)
Bawang putih = 5 siung  (iris halus)
Tomat = 1 buah   (potong kecil)
lengkuas = 1 ruas jari
Kaldu bubuk = 1/2 sdt  
Garam = sedikit saja 
Minyak goreng = 4 sdm


Cara membuatnya :
1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe hijau, cabe rawit dan tomat. Tambahkan lengkuas.


2.  Masukan cumi telur yang telah di potong kecil, aduk-aduk. biarkan kulit cumi agak berubah sedikit warnanya. Tambahkan sedikit air putih. kaldu bubuk dan garam.



3.  Diamkan sebentar hingga mendidih. Angkat dan sajikan.  Agar daging cumi tidak alot/keras, sebaiknya jangan terlalu lama memasaknya.


Resep Oseng Cumi Telur Cabe Hijau 


No comments:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib