Resep Sambal Tumpang Jawa Timuran



resep sambal tumpang jawa timuran

Tidak banyak penikmat kuliner yang menyukai Sambal berbahan dasar Tempe ini. Pasalnya, Tempe yang di gunakan harus terlebih dahulu melalui proses Over fermentasi. Dalam bahasa Jawa di kenal dengan istilah Tempe semangit atau Tempe bosok yang berarti dalam keadaan membusuk. Membusuk dalam hal ini adalah ketika Tempe sudah berubah warna agak menghitam dengan aroma yang sedikit menyengat namun tidak berlendir. Ada dua Sambal Tumpang yang cukup terkenal di Jawa Tengah dan Timur, yaitu dari daerah Solo dan Kediri. Meski memiliki bahan dasar dan bumbu yang kurang lebih sama, tetapi Keduanya memiliki perbedaan yang cukup khas.

Penambahan Tahu atau Kerupuk kulit dengan kuah santan sedikit cair sering di jumpai pada sambal Tumpang khas Solo. Terkadang sedikit di sisipkan daging atau tetelan sapi sebagai penambah rasa gurih. Sedang Sambal Tumpang khas Kediri, biasanya memiliki tekstur kuah santan yang lebih kental dan memiliki rasa aroma tempe yang kuat.

Namun jika ingin rasa kedua-nya terwakili, tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kali ini Saya mau membuat Sambal Tumpang ala Jawa Timuran. Kebetulan ada sisa Tempe bosok. Sebelum-nya Saya telah membeli Toge, Kembang turi serta Tahu putih sebagai pelengkap. Bahan dan pembuatan-nya relatif mudah koq. 

Pertama - tama siapkan bahan Sambal dengan merebus Tempe, Cabe, Bawang dan bumbu dapur menjadi satu. Masak hingga mendidih dan air berubah warna. Kemudian angkat Tempe, Cabe, Bawang, tambahkan kemiri bakar dan garam, uleg kasar. lalu masukan kembali ke dalam air bekas rebusan yang masih terdapat bumbu dapurnya.

Aduk rata, tambahkan gula pasir dan kaldu bubuk. terakhir tambahkan santan, aduk merata masak hingga sedikit mengental. Angkat dan sisihkan.


Tahap berikutnya siapkan sayuran sebagai bahan pelengkap. Hanya tinggal mencuci bersih sayuran dan mengukusnya hingga matang. Jika ingin menggunakan kembang turi sebaiknya buang terlebih dahulu batang kecil di dalam tangkai bunga-nya agar terhindar dari rasa pahit. Namun jika ingin lebih simple, kalian bisa menggunakan Toge , Bayam atau Daun kenikir. 






Bahan-bahan :
tempe busuk/sudah di inapkan +/- 3 hari
toge, bayam,daun kenikir,kembang turi cuci bersih, kukus sekitar 10 menit. angkat dan sisihkan.


Bumbu Sambal :
lengkuas = 1/4 cm 
jahe = 1/4 cm 
kencur = 1/4 cm 
daun salam = 2 lbr
daun jeruk = 2 lbr buang punggungnya
cabe rawit = 5 pcs(haluskan)
bawang merah = 2 siung (haluskan)
bawang putih = 1 siung(haluskan)
kemiri bakar = 1 siung(haluskan)
garam = 1 sdt
gula pasir = 1 sdt
air putih = 250 ml
kaldu bubuk sesuai selera
santan instan = 1 sdm


Cara  Membuatnya :
1. Rebus air bersama Tempe, cabe, bawang merah, bawang putih. masukan daun salam, daun jeruk, lengkuas,jahe dan kencur. masak hingga harum. angkat dan sisihkan.
2. Ambil cabe serta bawang yang telah di rebus bersama tempe. haluskan dengan tambahkan kemiri dan garam. setelah halus tambahkan Tempe lalu uleg kasar. 
3. Masak kembali air hasil rebusan yang berbumbu dapur sebelumnya, masukan cabe bawang serta Tempe yang telah di uleg. masukan gula pasir dan kaldu bubuk. aduk rata.
4. Tambahkan 1 sdm santan instan, aduk hingga sedikit mengental. angkat dan sajikan dengan sayuran yang telah di kukus.



© MoNgeblog. All rights reserved. Premium By Raushan Design