Featured Posts

Ads

Resep Risoles isi Bengkuang


Resep Risoles isi Bengkuang

Risoles atau biasa di sebut dengan nama Risol termasuk salah satu makanan terfavorite Saya. Meski bahan utama-nya hanya tepung terigu dan telur, tapi selalu bikin mood jadi riang gembira. Untuk jenis Snack gorengan Saya lebih memilih Risol di banding gorengan Tahu, Tempe, Pisang, dan lain-nya. Terkadang tidak segan-segan Saya mencicipi Risoles dengan berbagai variasi isi maupun kulit. Sebut saja Risol isi bihun, Risol mayo atau Risol isi kentang wortel dan lain-nya. Tak hanya sebagai Snack Camilan, Saya kerap memakan Risol bersama Nasi panas dan Cabe rawit atau sambal layaknya Lauk. Meski terkesan aneh tapi benar-benar auto nikmat.

Nah kali ini Saya mau coba buat Risoles dengan isian yang berbeda. Berhubung ada buah Bengkuang hasil pemberian, akhirnya Saya Googling dan menemukan Resep Risoles isi Bengkuang ini. 

Ada beberapa website Saya kunjungi, tetapi banyak menemukan Resep yang serupa. Sehingga Saya mencoba untuk sedikit memodifikasi. Hasil-nya cukup baik, Kulit Risol lentur dan tidak mudah sobek. 


Meski awalnya Saya khawatir rasa Risol akan terasa aneh karena berisi buah, tetapi setelah mencicipi ternyata Risol isi Bengkuang cocok untuk di nikmati. Rasanya pun menyatu dengan kulit Risol yang lembut. Dengan sedikit menambahkan Udang cincang di dalamnya, Risoles isi bengkuang jadi semakin enak dan gurih.

Resep Risoles isi Bengkuang

Tips : untuk mencegah kulit Risol tidak bergelembung sebaiknya menggoreng dengan api sedang cendrung kecil dan minyak yang tidak terlalu banyak. Tiriskan Risol terlebih dahulu pada tissue, dan sajikan dengan Saus sambal, Mayonaes atau Cabe rawit.






Kulit risoles :
Tepung terigu = 100 gr (10 sdm)
Telur ayam = 1 btr
Minyak goreng/ margarine cair = 1 sdm
Garam = 1/2 sdt
Air putih = 250 ml

Bahan isi :
Bengkuang = 1 pcs (ukuran sedang, iris korek api)
Garam = 1/2 sdt
Kaldu bubuk = 1/2 sdt
Lada bubuk = 1/2 sdt
Udang segar = 4 pcs (cincang kasar)
Air putih = 1 cangkir

Cara membuatnya :
1. Buat adonan kulit risol, campur semua bahan kulit, aduk rata sampai tidak ada gumpalan /saring. Diamkan selama 10-15 menit .
2. Tumis bahan isi, beri bumbu, angkat dan sisihkan.
3. Masukan satu sendok sayur adonan kulit risol dalam wajan anti lengket, goyang wajan arah jarum jam berbentuk lingkaran, diamkan agar adonan berubah warna. angkat dan sisihkan. ulangi hingga adonan habis.
4. Ambil satu lembar kulit risol, isi dengan bengkuang yang telah di tumis, lipat seperti contoh gambar di atas. sisihkan. ulangi hingga adonan kulit habis.
5. Goreng dengan minyak sedang dan api kecil hingga berubah warna. angkat dan tiriskan.


No comments: