Featured Posts

Ads

Resep Risoles Segitiga


Resep Risoles Segitiga 

Kangen rasanya dengan Risoles mama Tiwi. Risoles segitiga yang dahulu sering saya beli dari tetangga sebelah rumah orangtua di Tangsel. Saya menyebutnya Risoles Mama Tiwi. Risoles berisi kentang wortel ini rasanya asin,gurih dan sedikit manis. Yang saya suka dari Risol ini adalah isian yang berbentuk sedikit kental seperti pasta. Ada campuran tepung dalam proses pembuatannya. Mungkin bisa juga di kenal dengan istilah Ragout. 

Biasanya jika akan berangkat kekantor dan telat membuat sarapan, saya meminta ibu membelikan Risoles ini. Terkadang saya juga memakan-nya hanya dengan sepiring nasi dengan saus sambal. Tak hanya Risoles segitiga, Mama tiwi juga membuat Risoles kotak dan Risoles bihun. Ketiganya memiliki rasa yang berbeda dan sangat enak. Dari ketiga-nya yang menjadi favorite saya adalah Risoles kotak. Risoles kotak tanpa tepung panir dan tanpa rasa manis, memiliki rasa yang lebih gurih. 

Ahh...Semakin ngiler jadinya. Teringat kembali dengan Resep Risoles Bengkuang yang pernah saya posting pada halaman sebelumnya. Sepertinya dapat sedikit mewakili rasa kangen ini. Saya hanya tinggal mengganti bahan isi dan melipatnya menjadi bentuk segitiga. Dengan menambahkan tepung panir sebagai pelapis kulit, akhirnya Risoles segitiga pun berada di sidoarjo. 

Baca juga : Resep Risoles Bengkuang




Bahan Kulit Risoles :
Tepung terigu = 10 sdm / 100gr
Telur ayam = 1 btr
Air putih /Susu uht = 250ml
garam = 1/2 sdt
Minyak goreng/ mentega = 1 sdm

Bahan isi :

Bebas sesuai selera bisa kentang,wortel, smoke beef dan lain sebagainya. 
bawang putih, garam dan gula secukupnya.

Bahan pelapis :
Tepung panir/ tepung roti
Tepung terigu + air putih (dapat juga diambil dari adonan bahan kulit )

Cara Membuatnya :

1. Buat adonan kulit risol ,campur semua bahan kulit, aduk rata sampai tidak ada gumpalan/saring. Diamkan selama 10-15 menit.

2. Tumis bahan isi, beri bumbu, sedikit  air, angkat dan sisihkan. Saya memakai wortel ,tuna kaleng dan 1 sdm tepung terigu.

3. Masukan satu sendok sayur adonan kulit risol dalam wajan anti lengket, goyang wajan arah jarum jam berbentuk lingkaran, diamkan agar adonan berubah warna. angkat dan sisihkan. ulangi hingga adonan habis.

4. Ambil satu lembar kulit risol, isi dengan bahan adonan isi, lipat berbentuk segitiga sisihkan.

5. Ambil sedikit adonan kulit risoles, jika terlalu kental bisa tambahkan air sedikit. Lapisi kulit risoles dengan sedikit adonan tadi lalu balur dengan tepung roti/panir.

6. goreng dengan minyak sedang hingga berubah warna. 


7. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.




1 comment:

Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)