Resep Perkedel Kentang Tuna


Resep Perkedel Kentang Tuna

Mungkin sebagian diantara kita ada yang tidak suka atau bosan dengan yang namanya "Kentang". Terlebih kentang yang di rebus,di kukus maupun di sambal goreng. Rasanya yang Flat atau hambar membuat sayuran jenis ini banyak disisihkan dan di hindari ketika disandingan dengan menu masakan lain. Semisal sayur sop atau sambal goreng hati ampela. 

Umumnya kentang sangat mendominan pada menu tersebut. Dan kentang pula yang menjadi satu-satunya bagian yang tersisa. Entah mengapa, tetapi pengalaman ini sering saya alami ketika memasak menu tersebut. Walhasil saya sendiri yang harus menghabiskan sayuràn kaya akan serat ini.

Kandungan gizi dan sumber serat yang baik, membuat kentang memiliki banyak kandungan manfaat. Salah satunya mencegah sembelit dan membantu penyerapan gula sederhana dalam usus. Selain itu kentang mengandung senyawa zat anti kanker. Tuh kan sayang sekali bukan? 

Pepatah mengatakan " Masih banyak jalan menuju roma" yang berarti "Masih banyak cara untuk meraih harapan". Jika tidak suka rasa kentang yang hambar, Perkedel kentang bisa menjadi alternatif menu praktis yang enak, mudah dan sederhana.





Bahan-bahan :
Kentang = 3 bh (ukuran sedang)
Tuna kaleng = 2 sdm (dpt di ganti daging giling/kornet)
Daun seledri = secukupnya sesuai selera
Telur ayam = 1 btr (bahan pelapis)

Bumbu perkedel :
bawang putih goreng  secukupnya 
bawang merah goreng secukupnya
lada bubuk  = 1/2 sdt
garam  = 1/2 sdt
kaldu bubuk = secukupnya


Cara membuatnya :

1. Goreng kentang setengah matang dan tiriskan. Haluskan kentang di atas mangkuk. Masukan tuna kaleng, daun seledri, Duo bawang goreng, lada, garam, dan kaldu bubuk. Aduk hingga merata.



2. Bentuk Perkedel bulat atau sesuai selera lalu pipihkan. (Setelah di bentuk s, Perkedel juga bisa disimpan di kulkas untuk persediaan).




3. Sebelum di goreng, Siapkan satu butir telur. Kocok lepas. Masukan Perkedel yang telah di bentuk tadi lalu goreng kedalam minyak sedang.




4. Goreng hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan. 


Powered by Blogger.