DIY Membuat Nomor Rumah dari semen

DIY Membuat Nomor Rumah dari semen

Nomor Rumah menjadi sangat penting ketika menempati sebuah hunian. Nomor merupakan tanda berupa Angka yang di tulis secara berurutan. Mulai dari 0 sampai tanpa batas. 

Karena berbeda satu sama lain, angka tersebut kerap di pergunakan sebagai petunjuk identifikasi. Kalian bisa mencari atau menemukan informasi dengan mudah dengan ada-nya sebuah Nomor.  Seperti halnya Nomor Rumah. 

Tak heran jika Nomor Rumah menjadi kebutuhan mendasar saat memiliki-nya. Nomor berupa Angka kerap di sandingkan dengan huruf sebagai identitas Alamat hunian. Sehingga Banyak yang berlomba-lomba untuk mempercantik Angka tersebut. Pilihan membeli atau memesan menjadi satu-satu-nya cara termudah.

Namun jika minim pilihan dan ingin memiliki bentuk Nomor Rumah yang berbeda alias tidak Pasaran, kalian bisa membuatnya sendiri. Bahan yang di butuhkan hanyalah semen, pasir, air, kertas bekas, kawat dan lem yang dipergunakan sebagai perekat kertas. Berikut ini cara pembuatan-nya :   

Bentuk Pola Angka dan Huruf menggunakan Kertas bekas sebagai cetakan

Langkah pertama, kalian cukup membentuk kertas bekas menjadi angka dan huruf yang di inginkan. Baiknya menggunakan kertas kalender dinding yang sudah tidak terpakai, dan membentuknya menjadi pola angka dan huruf. Rekatkan pola tersebut dengan lem perekat khusus di atas selebar kertas putih beralas papan bekas.

Kertas bekas kalender 

Lem perekat

Buat Adonan dari Semen, Pasir dan Air

Langkah berikutnya, siapkan semen dan pasir yang telah di ayak terlebih dahulu. Lalu campurkan semen dengan sedikit air hingga adonan cenderung mengental. Terakhir tambahkan juga sedikit saja pasir halus dan aduk hingga merata.

Semen dan Pasir 

Adonan semen dan air

Beri Kawat bekas pada Cetakan Kertas 

Masukan perlahan adonan semen dan pasir ke dalam pola kertas yang tadi telah di siapkan. Jangan lupa menambahkan beberapa kawat bekas di dalamnya. Tunggu adonan seperempat mengeras lalu lepaskan kertas satu persatu.

Adonan sedikit encer

Jemur di area terbuka tanpa terik matahari

Jemur di area terbuka tanpa terkena terik matahari. Fungsi-nya adalah agar  adonan tersebut mengeras secara sempurna tanpa retak. 

Jemur di tempat yang tidak terlalu panas

Untuk hasil yang lebih kuat, diamkan hingga 1-2 hari saja di suhu ruangan. Setelah mengeras, kalian juga bisa langsung mengecat-nya. Nah berikut ini hasil kreasinya. Nomor rumah  siap untuk di pajang. 

Hasil kreasi tanpa di cat

DIY Membuat Nomor Rumah dari semen


Selamat Mencoba ....



Powered by Blogger.