Resep Sambal siomay


Resep Sambal siomay

Sewaktu di Tangsel, Saya sering sekali mencoba membuat berbagai Siomay. Dari mulai googling Resep Siomay Abang-abang sampai dengan Siomay model Dimsum. Kadang ada yang berhasil kadang juga ada yang gagal. Biasanya tekstur lembut dan kenyal sulit sekali di dapat.

Paling aman memang membuat siomay dengan model Dimsum. Adonan tepung dengan tekstur lembut sangat mudah di bentuk menggunakan kulit pangsit, berbeda jika harus di bentuk bulat2 tanpa kulit pelapis seperti Abang-abang Siomay umumnya.

Meski demikian, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Tapi kali ini Saya tidak berbagi Resep membuat Siomay. Kebetulan sore ini saya  mendapat Siomay Dimsum gratisan dari teman suami. Jadi sementara hanya bisa berbagi Resep Sambalnya terlebih dahulu. Resep Sambal sederhana ini sangat cocok di nikmati bersama Kecap manis ,Saus Sambal dan tentu-nya sepiring Siomay. 





Bahan-bahan :
kacang tanah = 5 sdm (goreng & haluskan)


Bumbu sambal :
cabe merah besar = 4 pcs (haluskan)
cabe rawit merah = 5 pcs (haluskan)
bawang putih = 2 siung (haluskan)
garam = 1/2 sdt
kaldu bubuk = 1/2 sdt
gula pasir = 1/2 sdt
gula merah = 2 sdm
asam jawa = 1 pcs
daun jeruk = 2 lbr (buang batang punggungnya)
air putih = 500 ml
minyak goreng = 4 sdm


Cara membuat-nya :
1. tumis cabe, bawang putih yang telah di haluskan hingga harum. masukan air putih dan kacang yang sudah di haluskan, masak sampai mendidih.
2. masukan gula merah, asam jawa, garam dan kaldu bubuk, masak hingga harum dan mengental. Angkat dan sajikan bersama siomay.



Resep Sambal siomay


Powered by Blogger.