Bikin Laksa Bogor pakai Mie instan

Bikin Laksa Bogor pakai Mie instan

Siang-siang lagi kepingin banget makan Mie instant. Tapi dengan versi yang agak sedikit nyeleneh. Maklum, Saya mudah bosan dan selalu ingin mencoba hal-hal baru. Kebetulan di kulkas ada stock Santan instan, Daun kemangi serta Toge. Terbesit ide untuk membuat Laksa seperti Laksa Bogor.

Laksa Bogor adalah masakan khas Jawa Barat yang berisi Toge, Daun kemangi, Bihun serta Oncom. Semua Isi-nya serba mentah lalu di siram dengan kuah kuning bersantan panas secara berulang-ulang agar sedikit layu. Kemudian disajikan dengan tambahan tahu dan Lontong/ketupat. 

Laksa Bogor
Laksa khas Bogor

Disini Oncom sengaja di biarkan mentah tanpa di masak terlebih dahulu. Masih berwarna orange lalu di guyur berulang dengan kuah panas mengepul. Jadi saat memakan Laksa masih ada sensasi kriuk-kriuknya. Berbeda dengan Toge Goreng, masakan Khas Bogor ini juga menggunakan Oncom. Tetapi di masak terlebih dahulu dengan campuran Tauco. Ada sentuhan rasa fermentasi asam, manis, asin, serta aroma yang tajam. Sedang Laksa Bogor memiliki rasa sedap gurih berbalur kuah santan yang kental.

Toge Goreng khas Bogor

Karena di Jawa Tengah dan Timur tidak ada pejual Oncom, Saya hanya memakai Mie instant, Toge dan Daun kemangi. Bumbu kuning bersantan Saya masak terlebih dahulu hingga mendidih. Selanjutnya masukan Mie instan, Toge dan terakhir Daun Kemangi. Nah jadi deh masakan dengan rasa nyaris seperti Laksa Bogor.

Jika Indomie mengeluarkan produksi Mie instan rasa Laksa Singapura, kali ini Saya mengeluarkan produksi Laksa Bogor dengan rasa Mie instan.๐Ÿ˜…





Bahan-bahan :
Mie instan = 1 pcs (rebus dan sisihkan)
daun kemangi
toge 
santan = 2 sdm (saya pakai Kara)


Bumbu laksa :
bawang merah = 2 siung (di haluskan) 
bawang putih = 1 siung (di haluskan)
kemiri bakar = 1 pcs (dihaluskan)
ketumbar = 1/2 sdt(dihaluskan)
kunyit bakar = 1 cm (dihaluskan)
daun salam = 1 lbr
sereh = 1 btg (bagian putihnya saja & geprek)
garam = 1/2 sdt
bumbu mie instan secukupnya
minyak goreng = 2 sdm
air putih = 250ml
cabe rawit = 3 pcs (iris2)


Cara membuatnya :
1. tumis bumbu yang di haluskan bersama sereh dan daun salam.
2. rebus air putih, masukan tumisan bumbu, garam, kaldu bubuk, masak hingga mendidih tambah santan.
3. terakhir masukan mie instan, daun kemangi ,toge  ke dalam kuah laksa. angkat, sajikan dengan irisan cabe rawit dan bawang goreng.


Powered by Blogger.