Resep Sayur Petis Telur Bulat


Resep Sayur Petis Telur Bulat

Jika di amati tampilan Sayur Petis Telur Bulat terlihat seperti Semur. Berwarna coklat dan identik dengan kecap. Tapi jangan salah, Sayur ini tidak memakai kecap sama sekali. Rasa-nya pun gurih, tidak manis seperti hal-nya Semur. Ikan menjadi rasa yang cukup dominan. Meski sama-sama berasal dari Laut, Petis ikan ternyata berbeda dengan Petis udang. Petis ikan memiliki rasa lebih asin di bandingkan petis udang yang cenderung manis. Selain itu warna Petis udang lebih hitam di banding Petis ikan.

Terus terang saya tidak terlalu suka masakan yang berhubungan dengan Petis, karena meninggalkan rasa getir dan pahit di mulut. Sampai suatu ketika mba Annisa (kakak ipar), memberitahukan masakan berbahan Petis selain Petis Udang. Yaitu Petis Ikan, kebetulan saya mempunyai Petis ikan pemberian ibuk Kediri dan bingung bagaimana cara mengolah-nya.

Berbekal chat seada-nya, Saya pun mencoba membuat-nya. Benar saja, ternyata rasa-nya memang berbeda jauh dengan rasa petis udang. Petis ikan memiliki rasa lebih asin dan aroma lebih sedap hingga membuat nafsu makan jadi semakin meningkat.





Bahan-Bahan :

Telur Bulat (sudah di rebus terlebih dahulu dan sisihkan) = 4 btr
Bawang goreng


Bumbu Kuah :

Petis ikan (saya memakai petis ikan dari tuban) = 1 sdm
cabe hijau (iris ) = 4 pcs
bawang putih (iris ) = 2 siung
bawang merah (iris ) = 3 siung
jahe bakar =1 cm
kunyit bakar = 1 cm
daun salam = 2 lbr
daun jeruk = 2lbr
santan (saya pakai kara ) = 3 sdm 
sedikit garam (rasa petis ikan sudah asin)
gula sesuai selera
air putih = 300ml


Cara Membuat-nya :

1. Tumis bumbu kuah hingga wangi, tambahkan air putih, santan kara dan telur bulat, masak hingga mendidih dan sedikit mengental. Angkat dan sajikan bersama dengan taburan bawang goreng. Jika suka pedas bisa di tambahkan cabe rawit utuh.








   
Powered by Blogger.