-->
  • Jelajahi

    Copyright © MoNgeblog
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Rambut Monte Tempat Ikan Dewa hidup di Pusaran Telaga Biru Tosca

    , Wednesday, June 26, 2024 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Telaga Rambut Monte menjadi destinasi wisata unik yang ada di kota Blitar Jawa Timur. Sebuah Telaga yang terletak di desa krisik, 30km dari Kota Blitar ini memiliki pesona tersendiri. Di dalam-nya terdapat Sendang atau Telaga berwarna Hijau Tosca tempat keluar-nya Sumber Mata Air. 

    Telaga ini juga memiliki sebuah Candi Hindu serta Petilasan. Bentuk Candi serupa kepala manusia dengan hiasan Ular menyulur di bagian atas-nya sehingga diberi nama Rambut Ular atau Rambut Monte.


    Unik-nya Telaga Rambut Monte di huni oleh ikan yang di percaya sebagai ikan Dewa. Ikan Sengkaring atau di kenal dengan ikan dewa populasi-nya mulai langka dan hanya terdapat di Sendang atau Telaga Mata Air Keramat seperti  Rambut Monte Blitar atau Banyu Biru Pasuruan.

    Masyarakat sekitar percaya bahwa Ikan sen⅕gkaring sebagai penunggu Sumber Mata Air yang telah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit. 

    Ikan Sengkaring disebut juga ikan Suci karena hanya memakan lumut dan menyukai Air yang bening. Ikan jenis ini hidup berkoloni dan suka melawan arus. Jika dewasa bisa mencapai panjang 50cm.

    Sumber Mata Air alami Rambut Monte tidak pernah surut meski di musim kemarau. Bahkan mengalirkan air ke sungai yang berada di bawah-nya. Sehingga pengunjung dapat bermain air dan merasakan langsung air dari sumber Mata Air Telaga Rambut Monte.



    Telaga Monte juga memiliki Alam di sekitar yang masih terjaga dengan baik, ada banyak pepohonan menambah asri suasana. Sayang-nya beberapa bagian bangunan sudah mulai rusak serta fasilitas yang masih minim.



    @wisata.jalan Wisata Jalan 🤏 Telaga Ikan Dewa Rambut Monte Blitar, konon ikan dewa ini penunggu telaga telah ada sejak kerjaan majapahit #telagarambutmonteblitar #wisatablitar ♬ At My Worst - 𝐻𝑠𝑎𝑦𝑎𝑟♪
    Komentar

    Tampilkan

    No comments: