Coto dan Sop Konro Makassar IGA MOO Batu Malang-Jawa Timur


Coto dan Sop Konro Makassar  IGA MOO Batu Malang-Jawa Timur


Buat kalian yang sedang berada di Batu Malang, tidak akan rugi jika mencoba kuliner berkuah yang satu ini. Berada tidak jauh dari Alun- alun batu Malang, kalian bisa mencicipi rasa coto makassar dan sop konro tanpa harus pergi ke kota makassar.

Coto dan Sop Iga Konro merupakan makanan tradisional khas yang berasal dari kota makassar Sulawesi selatan. Panganan berkuah cokelat kehitaman ini berbeda sekali dengan Rawon makanan khas jawa timur yang berbahan dasar kluwek. Sempat terpikir kuah cokelat kehitaman ini adalah campuran kluwek. tetapi sama sekali tidak ada rasa kluwek di dalamnya dan sepertinya memang tidak. Tidak tau pasti kuah tersebut terbuat dari apa, tetapi rasa-nya sangat identik dengan air kaldu yang telah bercampur bumbu. Kuahnya yang panas menambah rasa segar ketika di nikmati.

Coto Makassar  IGA MOO Batu Malang-Jawa Timur

Berawal mengunjungi kota Batu malang, Kami melaju dengan kendaraan roda dua sambil menikmati keindahan alam kota Batu yang sejuk dan dingin. Sesekali Kami menengok sisi kiri dan kanan jalan. Bukan karena keindahan alamnya saja, tetapi banyak sekali warung, kedai dan toko yang menjajakan makanan. Hal tersebut membuat kami sedikit kebingungan untuk berkuliner. 

Kota Batu Malang dari Bumiaji

Sebelumnya beberapa bakso malang telah kami coba di kota ini. Meski cukup enak. namun menurut kami masih belum istimewa hingga dapat membuat kami ingin mencicipi-nya kembali.

Bakso Batu Malang

Bakso Batu Malang

Lalu pilihan kami tertuju kepada spanduk orange bernama IGA MOO. Lokasinya berada tepat di pertigaan jalan satu arah menuju Alun-alun batu malang. Untuk memudahkan-nya, kalian bisa langsung googling, ketik nama dan melihat google map yang telah tersedia. Karena letaknya berada tepat di tikungan kanan jalan satu arah, buat kalian yang menyebrang dari jalur kiri harus lebih berhati-hati. 


Kedai IGA MOO

google map

Memasuki kedai, kami di beri Daftar Menu dan selebar kertas serta pulpen untuk menulis pesanan. Cukup banyak Menu yang tersedia. Pilihan Kami tertuju pada Sop iga Konro dan Coto Makassar. 

Daftar Menu Iga Moo

Tidak menunggu lama pesanan kami tiba. Coto berkuah cokelat kehitaman dengan asap mengepul ini terlihat sangat menggugah selera.

Coto Makassar iga moo

Pilih Campur jeroan-coto makassar iga moo

Benar saja, Coto makassar ini enak sekali. Meski isi di dalamnya daging atau jeroan sapi tetapi kuahnya sama sekali tidak berlemak dan tidak kental apalagi berbau. Yang lebih mengejutkan, daging-nya empuk dalam tiap helai gigitan tanpa terasa berserat. Paduan daun bawang dengan kuah coto ini sangat cocok sekali. Di tambah perasan jeruk nipis, membuat cita rasa coto ini semakin sempurna. Dan yang pasti jangan lupa untuk mencocol sambalnya. Sensasi pedas bercampur kuah panas akan membuat rasa ingin cepat-cepat menghabiskan-nya.

Sop Konro Makassar  IGA MOO Batu Malang-Jawa Timur

Lalu Kami mencicip Sop Konro. Berbeda dengan sop pada umumnya, Sop Konro ini tidak berkuah bening, melainkan cokelat kehitaman. Dan ternyata rasa kuahnya sama persis dengan coto makassar. Yang membedakan hanya di isian saja. Sop konro ini berisi iga sapi sedang coto makassar isi-nya bisa dengan berbagai pilihan. kalian bisa memilih campur (jeroan), lidah atau daging saja. 

Coto dan Sop Konro Makassar  IGA MOO Batu Malang-Jawa Timur

Selain masakannya yang sedap, kedai ini juga terlihat bersih. Piring dan gelas yang di sajikan terlihat bersih dan terawat. 

Coto dan Sop Konro Makassar  IGA MOO Batu Malang-Jawa Timur

Menurut kami Coto dan Iga Konro Makassar di Iga Moo ini istimewa dan membuat kami ingin mencicipi-nya kembali saat berkunjung ke Batu Malang. Pastinya kami berdua juga akan mencoba menu lain-nya seperti iga bakar, sop buntut atau tempong bakar.


Powered by Blogger.