Mencicipi Ayam Gephok Pak Giek Jember Jawa Timur




Mencicipi Ayam Gephok Pak Giek Jember Jawa Timur

Hmmm...Wangi rempah tercium seketika saat pelayan meletakkan dua porsi ayam Gephok Pak Gie di hadapan Kami kala itu di jember.

Selesai mengelilingi museum tembakau jember, kami berdua memutuskan untuk mencoba salah satu masakan favorit di kota ini. Saat bertanya kepada mba tantri (pemandu museum), beliau menyarankan kami untuk mencicipi Ayam Gephok Pak Gie yang berjarak tak jauh dari museum.


google map

Kami pun berjalan kaki menuju Ayam Gephok Pak Gie sambil melihat-lihat sekeliling. Sampai di lokasi tampak sebuah Kedai berwarna hijau dengan spanduk bertulis Ayam Gephok di bagian atasnya. Karena cukup ramai, kami langsung mencari tempat duduk dan bergegas memesan makanan.

Oiya,, untuk memesan makanan dan minuman kalian harus ke tempat kasir terlebih dahulu. Daftar menu hanya terpampang di dekat meja kasir dan kalian akan mendapatkan nomor meja setelah memesan dan membayar langsung di kasir.

Ayam Gephok Pak Giek Jember

Tidak menunggu lama, pesanan kami tiba. Hmmm...wangi rempah tercium seketika saat pelayan meletakkan dua porsi ayam Gephok Pak Gie di hadapan kami. Satu porsi Ayam Gephok Pak Gie terlihat sangat menggiurkan!

Ayam goreng berukuran jumbo tersebut tampak memenuhi sebagian besar piring berbentuk oval. Terang saja, satu potong paha ayam ukuran seperempat kilo tersaji utuh lengkap berbalur bumbu rempah keseluruh bagiannya. Entahlah apakah di sebut kremesan atau serundeng.

Dan yang tak kalah menarik adalah sambal goreng dalam mangkuk merah berada tepat di atas lalapan. Ya... tak tanggung-tanggung, sambal goreng yang disuguhkah 2 jenis sekaligus yaitu sambal merah dan sambal hijau.   

Ayam Gephok Pak Giek Jember

Tidak sabar rasa-nya ingin langsung melahapnya. Kami pun lantas meremas ayam dengan tangan seraya kaget, ayam ini di sajikan dalam keadaan baru di goreng. Sangking panasnya, butuh usaha saat merobek daging helai demi helai. Dan ternyata daging-nya empuk di setiap gigitan.

Daging ayam melebur jadi satu dengan rasa gurih hingga merasuk kebagian dalam. Campuran berbagai bumbu rempah-nya, membuat ayam goreng tersebut mempunyai cita rasa yang otentik. 

Ayam Gephok Pak Giek Jember

Kurang lengkap agaknya jika menikmati ayam goreng tanpa mencampurnya dengan sambal. Mangkuk merah berisi sambal merah dan hijau cukup kontras di hidangkan. Sambal hijau berserta butiran leunca terasa gurih dan tidak pedas, berbeda dengan sambal merah-nya yang lebih cenderung pedas. Namun ketika di gabungkan kedua-nya justru saling melengkapi. Bersama dengan potongan timun dan kemangi serta daun salada, menambah kesegaran rasa saat lalapan beradu dengan gurihnya ayam dan pedasnya sambal.

Ayam Gephok Pak Giek Jember

Kedai ini hanya menawarkan dua Menu Ayam Gephok. Kalian bisa memilih jenis ayam Boiler atau Kampung. Harga Rp. 17.000,- untuk sepotong Ayam Gephok Boiler dan Gephok Kampung dengan harga Rp. 20.000,- sudah berikut sambal tanpa nasi. Sepiring nasi di hargai Rp. 4000,- , sedang untuk minum tersedia Teh atau jeruk hangat maupun dingin dan juga pilihan lain seperti Es menado dengan kisaran harga di bawah Rp. 6000,-.

Ayam Gephok Pak Giek Jember

Meski berada di pinggir jalan besar, kedai ini lumayan nyaman dan bersih. Selain itu cukup banyak kursi dan meja yang di sediakan. Sayangnya Kedai Ayam Gephok Pak Gie ini tidak membuka cabang.

Jadi buat kalian yang ingin mencicipi kelezatan Ayam Gephok Pak Gie, harus datang langsung ke jalan mastrip kota Jember - Jawa Timur.



Powered by Blogger.