Rawon Rosobo Mojoagung


Rawon Rosobo Mojoagung

Kuliner Rawon satu ini memang sedikit berbeda dengan Rawon yang sering saya jumpai. Rawon Rosobo, Rawon yang terkenal dengan kata Rosobo terambil dari nama rumah makan itu sendiri yaitu, Warung Rosobo. Warung Rosobo berada di Jombang Jawa Timur, tepatnya di Alun-Alun Timur Mojoagung. Kalian hanya cukup mengitari Alun- Alun dan akan menemukan deretan mobil terparkir bebas di sebuah warung dengan atap tenda bergaris putih biru. Penampilan luar rumah makan tersebut terlihat cukup sederhana.

Kami ber lima memesan menu yang berbeda. Tiga porsi Nasi Rawon dan dua porsi Ayam Goreng + Nasi. Pelayanan di warung ini terbilang cukup cepat, namun sayang lupa untuk membersihkan  kotoran yang tertinggal di meja.

Menu Ayam Goreng pun tiba, di susul dengan Nasi Rawon yang mengepul.  Cukup terkejut melihatnya. Biasa-nya daging sapi pada menu Rawon dihidangkan berbentuk potongan kecil bercampur dengan kuah keluwek. Tetapi tidak di warung ini. Daging sapi di sajikan berbentuk Empal gepuk yang menutupi sebagian besar nasi. Tiga lapis daging Empal berbumbu tersebut pun tidak terjun langsung di dalam kuah Rawon. Karena-nya Saya lebih senang jika tidak langsung mencampurnya saat memakan.

Kuah Rawon cukup segar di nikmati. Rasa keluwek berpadu sambal dan toge pendek sangat cocok sekali. Di tambah daging Empal-nya yang sangat empuk menambah nilai plus masakan Rawon ini.

Untuk ukuran satu porsi Nasi Rawon, menurut saya cukup jumbo, terlebih daging Empal yang disandingkan. Namun untuk kuah sepertinya warung ini harus sedikit menambahkan, agar sebanding dengan ukuran daging Empal. Meskipun  demikian warung ini cukup nyaman untuk di kunjungi. Berhubunng saya berkunjung tiga hari sesudah lebaran, warung ini masih terlihat sepi, berbeda dengan hari-hari biasanya yang padat dan ramai pengujung.

Untuk 2 porsi Ayam Goreng dan 3 porsi Rawon serta 5 gelas teh hangat, kami menghabiskan uang sekitar Rp. 90.000,-. Warung Rosobo ini juga terkenal dengan Nasi Rames-nya yang banyak di minati. 



© MoNgeblog. All rights reserved. Premium By Raushan Design